Tuesday 20 March 2018

Tips Jitu Cegah ATM Kena Bobol

Baru-baru ini marak beredar berita mengenai pembobolan ATM dimana nasabah mengeluh saldo pada rekening yang mereka miliki berkurang atau habis. Ternyata, penyebab dari ludesnya saldo nasabah tersebut akibat kartu ATM dan pin yang telah berhasil dicuri melalui teknik skimming.

Teknik skimming yang paling umum yaitu dengan menggunakan card reader khusus pada mesin ATM sehingga kartu yang Anda masuki melalui alat tersebut barulah terkoneksi ke card reader asli dan keypad khusus yang terletak di atas keypad asli. Terdapat juga kamera kecil pada bagian atas keypad untuk melihat pin yang akan diisi atau bahkan pengetikan pin dimonitor melalui sinyal Bluetooth atau WiFi.

Tips Jitu Cegah ATM Kena Bobol
Sumber:pixabay.com
Nah, untuk memastikan mesin ATM yang Anda gunakan aman alias tidak dibajak oleh penjahat terutama ketika Anda bepergian dimana menggunakan mesin ATM yang sebelumnya belum pernah digunakan, ada baiknya Anda mengikuti cara berikut:

1. Copot Card Reader
Untuk membuktikan keasliannya, sebelum memasukan kartu maka tidak ada salahnya Anda menarik card reader yang terpasang di mesin ATM. Apabila mudah copot atau terdapat tanda lem, goresan atau hal yang tidak wajar maka besar kemungkinan mesin ATM telah dibajak. Card reader asli seharusnya kokoh, dan tidak mudah lepas begitu saja.

2. Keypad terlalu dalam
Keypad duplikat akan ditaruh di atas keypad asli oleh penjahat. Jika Anda menekan keypad kemudian merasakan tekanan terlalu dalam sebaiknya Anda menghentikan aktifitas daripada besar peluang data kartu Anda akan diketahui oleh orang lain.

3. Awas kamera pencuri pin
Kamera dapat berukuran sangat kecil yang biasanya terdapat di penutup keypad. Raba pada bagian penutup keypad untuk mencari lobang kecil.

4. Lindungi pin
Ketika Anda mengetikan pin, pastikan tangan satu lagi untuk menutup jari yang mengetikan pin. Buat juga ketikan palsu yang seolah-olah jari mengetik ke keypad beberapa kali

5. Hindari ATM di tempat sepi

Lokasi ATM di bank akan lebih aman dibandingkan lokasi ATM di tempat sepi. Jika Anda seorang traveller, pastikan gunakan ATM yang berada di akses umum dan memiliki kamera CCTV.

Ada berbagai teknik skimming yang lebih canggih misalnya seluruh bagian depan ATM adalah palsu. Selain itu ada juga malware pada ATM yang dapat mencuri uang Anda secara otomatis namun cara ini memerlukan akses melalui slot USB atau remote access ke komputer ATM melalui kredensial curian.

Jangan lupa untuk mengecek riwayat transaksi untuk menemukan aktifitas perbankan yang mencurigakan serta segera lapor pihak bank secepatnya jika Anda merasa menjadi korban skimming.

1 comment:

  1. wah cara yang nomer 5 padahal saya sering cari. apalagi yang di dalamnya ada AC nya, bisa betah saya berlama di dalam ATM.

    ReplyDelete