Friday 5 January 2018

Waspada Meltdown dan Spectre

Mungkin dapat disebut sebagai celah keamanan pertama di tahun 2018 yang menghebohkan. Ya, Meltdown dan Spectre merupakan ancaman baru yang mengincar berbagai jenis prosesor, dimana Meltdown merupakan celah keamanan untuk prosesor Intel sedangkan Spectre dapat digunakan untuk hampir semua jenis prosesor.

Sumber:pixabay.com
Dampak dari celah keamanan pada hardware yaitu data pada memory yang dapat dibaca sehingga informasi pribadi seperti data akun dapat tercuri. Untuk Meltdown, diperlukan proses yang berjalan di sistem sedangkan Spectre dapat dijalankan dengan berbekal script pada browser.

Target dari Meltdown dan Spectre tidak hanya desktop, laptop namun juga smartphone yang banyak enggunakan prosesor ARM.

Untuk mengatasi ancaman Meltdown dan Spectre tidak cukup dengan antivirus namun Anda harus melakukan update pada sistem operasi. Linux, MacOS dan Windows telah mengeluarkan update keamanan yang dapat menutup celah keamanan pada prosesor ini.

5 comments:

  1. ada link patch OS untuk windows 10 kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.catalog.update.microsoft.com/Search.aspx?q=KB4056892

      Delete
  2. Saya mau nanya mas ? saya menggunakan windows 7 pada saat saya gunakan selalu mengalami kelambatan pada saat pemakaian, padahal saya hanya menggunakan untuk mendesain gambar sparepart. Apakah kelambatan itu sangat berpengaruh sehingga prosesor tersebut menjadi lemot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Periksa terlebih dahulu apakah ada pemakaian CPU yang tinggi oleh suatu proses. Saat ini memang banyak malware berjenis miner yang membuat komputer menjadi lemot.

      Delete
  3. kalau boleh tanya bukannya domain ini dulu portal nya PCMAV ya?

    Kok skg jd kliatan beda ya dulu kek website bukan blog gitu.

    ReplyDelete